Mukomukonews.com – Tiga Instansi di Kecamatan Air Rami yakni, Pemerintah Kecamatan Air Rami, Kepolisian dan TNI melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evallusi (Monev) Ketahanan pangan 20 % dari DD tahap 1 tahun 2022 di Desa Air Rami, Kecamatan Air Rami, Kabupaten Mukomuko, Selasa (5/7/2022).

Hadir dalam kegiatan Monev tersebut, pendamping desa, Kades dan perangkat Desa Air Rami, ketua dan anggota BPD Desa Air Rami dan tokoh masyarakat Desa Air Rami.

Seperti biasanya, tim Moniev dibagi menjadi 3 bagian yakni tim Monev tentang Aset Desa yang dipimpin oleh Kasi Ekobang, Kecamatan Air Rami, Miftahudin, SE, tim Monev tentang adminitrasi tata kelola keuangan dipinpin oleh Kasubag dan keuangan Kecamatan Air Rami, M. Sidik, S.Sos dan tim Monev ke lapangan dipinpin langsung oleh Camat Air Rami, Sunandi, Sap, M.Si dan satap Ekobang, Mimran.

Kades Air Rami Khairani sambutannya pada saat pertemuan di aula kantor desa setempat mengatakan adapun kegiatan yang dimonev oleh tim di Desanya adalah program ketahanan pangan budi daya ternak ikan lelel yang dianggarkan 20 % dari Dana Desa Tahap 1 Tahun 2022.

“Kita berharap, agenda monev ini semoga nantinya bisa diterima oleh semua pihak yang hadir dalam Monev ini. Amdaikan nanti adala hal hal yang kurang mohon supaya dikoinfirmasi dan pembinaan selanjutnya, mari kita sama sama mencari solusnya atau jalan keluarnya,” harap Kades.

Disisi lain, Camat Air Rami, Sunandi, SP, M.Si dengan tegas menyampaikan, Monev ini, tujuannya memastikan pelaksanaan DD di Desa Air Rami sudah berjalan sesuai dengan prosedur dan perencanaan.

“Meskipun nanti ada catatan-catatan bukan berarti kami mencari kesalahan tapi ini sifatnya pembenahan dengan harapan supaya jika ada kekurangan secepatnya dibenahi sehingga program ketahanan pangan ini bermanfaat bagi masyarakat,” tegas Camat.

Sementara itu, Kasubag Keungan Kecamatan Air Rami, M. Sidik, S.Sos dalam kesempatan itu mengatakan, terkait pengelolaan adminitrasi keuangan Dana Desa hingga saat ini sudah bagus namun masih ada catatan kecil.

“Alhamdulillah adminitstrasi keungan sudah bagus namun masih ada catatan kecil yang perlu di perhatikan seperti nomor, tanggal pembuatan laporan pertanggung jawapan. Kita berharap kedepan jangan ada kesalahan,” pinta M.Sidik.

Disisi lain, Kasi Ekobang, Kecamatan Air Ramii, Miftahudin ,SE, juga menyampaikan beberapa saran, terutama terkait adminitstrasinya aset agar kedepannya dilengkapi. Sebab kata Mitahudin, aset desa itu merupakan aset negara yang dibeli oleh negara untuk desa maka harus dipersiapkan adminitstrasi yang lengkap.

“Juga terkait dengan Bumdes saran kita supaya dikembangkan di Desa Air Rami sebab Bumdes itu salah satu badan usaha yang bisa memberikan kontribusi ke Desa. Harapannya jangan sampai terjadi miskomunikasi antar pengurus,” jelas Miftahudin, SE.

Sementara Pendamping Desa , Bintang. Saat dikonfirmasi menyarankan supaya program ketahanan pangan ini dapat telrolala dengan lebih baik lagi sehingga tidak ada kendala kedepan dan hasilnya pun dapat dinikmati masyarakat.

“Harapannya program ketahanan pangan di Desa Air Rami bisa sukses manfaatnya dirasakan masyarakat,” hara, Bintang.

Sedangkan Ketua Ormas Projamin yang turut hadir dalam Monev saat dikonfirmasi mengatakan, berdasarkan hasil pantauan secara kasat mata program ketahanan pangan budi daya ternak lele di Desa Air Rami ini telah berjalan namun karena masih baru hasilnya kita belum tau. Tetapi harapan kita agar program budi daya ternak lele ini benar-benar dikelola dengan baik sesuai prosedur agar hasilnya maksimal dan bermanfaat bisa membantu ekonomi masyarakat.” Pungkasnya.

Untuk diketahui, program ketahanan pangan budi daya ternak ikan lele DD tahap 1 tahun 2022 di Desa Air Rami terdiri dari 4 kelompok dengan jumlah kolam sebanyak 44 kolam. (asp).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here