Suasana Tegang Mewarnai Acara Penyampaian Visi Misi Cakades Bukit Mulya

0
302

Mukomukonews.com – Diduga tidak terima diprotes oleh moderator saat mengajukan pertanyaan kepada Calon Kades, seorang tokoh masyarakat mendadak keluar lalu meninggalkan ruang acara pada saat pelaksanaan salah satu tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) berlangsung.

Peristiwa ini terjadi dalam kegiatan acara penyampaian Visi dan Misi Calon Kepala Desa (Cakades) Desa Bukit Mulya yang berlangsung di Sekretariat Pilkades Desa Bukit Mulya, Kecamatan Air Rami, Kabupaten Mukomuko Rabu (11/5/2022).

Pantauan mukomukonews.com, peristiwa ini berawal ketika Pak Kadiman yang merupakan salah satu tokoh masyarakat Desa Bukit Mulya, dalam acara tersebut yang sedang mengajukan pertanyaan kepada Cakades Bukit Mulya nomor urut 1, Mulliadi. Dimana pada saat mengajukan pertanyaan, Pak Kadiman tiba-tiba mendapat protes dari moderator lantaran diduga pertanyaan yang diajukan kepada Calon Kades menyimpang dari kriteria pertanyaan yang sudah dipaparkan dalam acara sebelumnya oleh ketua panitia Pilkades Desa Bukit Mulya, Isriani. Mendapat protes dari moderator, Pak Kadiman tampak mendadak berhenti untuk mengajukan pertanyaan lalu keluar meninggalkan ruang acara.

Namun suasana panas dalam acara tampak seketika berubah menjadi dingin setelah Kasi Pemerintahan Kecamatan Air Rami, Yuliana.A, SE, ketua Panitia Pilkades Bukit Mulya, Isriani beserta audens lainnya yang hadir pada acara menyampaikan pendapat, masukan dan arahan  untuk sama-sama menjaga dan menciptakan suasana damai Pilkades di Bukit Mulya.

“Sebelumnya kita telah menyepakati bahwa pelaksanaan Pilkades di Desa Bukit Mulya akan berlangsung aman dan damai untuk itu saya selaku Kasi Pemerintahan Kecamatan Air Rami yang mewakili Camat menghimbau untuk kita semua mari kita bersama-sama mewujudkan harapan itu. Siapa pun Kades terpilih nantinya, itulah Kades Desa Bukit Mulya.” Jelas Yiliana.A, SE.

Diketahui, Ke tiga Calon Kades Desa Bukit Mulya dengan Visi dan Misinya sebagai berikut:

Nomor urut 1, Mulliadi

I. Visi
Membangun tata kelola pemerintahan desa yang baik dan bersih guna mewujudkan Desa Bukit Mulya yang adil, makmur, sejahtera, bermanfaat dan religius.

II. Misi
1. Melanjutkan program-program pemerintah desa periode yang lalu yang belum terealisasi.
2. Meningkatkan pelayanan untuk masyarakat.
3. Menciptakan pemerintahan desa yang tanggap terhadap aspirasi masyarakat.
4. Menekan angka kemiskinan warga masyarakat.
5. Meningkatkan sarana dan prasarana umum guna mendukung kelancaran perekonomian masyarakat.
6. Pemerataan pembangunan fisik dan non fisik agar tidak terjadi kesenjangan sosial.
7. Koordinasi dan bekerjasama semua unsur kelembagaan desa guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sementara Nomor urut 2, Sri Sarwono

I. Moto
Kejujuran dan kebersamaan, kunci keberhasilan dalam mewujudkan pembangunan dan keimanan.

II. Visi
Jabatan ataupun kedudukan itu adalah amanah jadi kita harus bisa menjaganya, karena dengan kita menjaga amanah itu Insya Allah rasa kepercayaan masyarakat kepada kita akan tumbuh dengan sendirinya.

III. Misi
1. Meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Melanjutkan pembangunan desa berdasarkan kata mufakat dan azas manfaat.
3. Memfungsikan kelembagaan yang ada.
4. Peningkatan keamanan dan ketertiban.
5. Meningkatkan sosial masyarakat dan kegiatan keagamaan.
6. Meningkatkan kinerja Karang Taruna.
7. Meningkatkan profesional dalam mengambil keputusan.
8. Bergotong Royong.
9. Meningkatkan sumber daya masyarakat.

Sedangkan Nomor urut 3, Nuryanto

I. Visi
Mengabdi demi mewujudkan masyarakat Desa Bukit Mulya yang agamis, jujur, adil, makmur, sejahtera, bermartabat, serta transfaran dalam pengelolaan anggaran pembangunan desa.

II. Misi.
1. Melakukan peningkatan kapasitas aparatur Pemerintahan Desa melalui kegiatan diklat atau pelatihan.
2. Melaksanakan pengelolaan dana Desa secara transfaran agar tidak terjadi kecurigaan masyarakat secara berlebihan atas penggunaan dana Desa.
3. Meningkatkan sinergitas/semangat dari seluruh unsur yang ada dalam melaksanakan proses pembangunan desa.
4. Membangun sarana olah raga berupa lapangan Sepak Bola untuk memupuk bakat para Pemuda.
5. Memasang lampu penerangan jalan di tempat-tempat yang dibutuhkan agar kegiatan masyarakat di malam hari dapat terlaksana terutama aspek pengamanan desa.
6. Memberikan bibit tanaman buah secara gratis kepada masyarakat untuk ditanam dipekarangan rumah masing-masing agar dapat menambah penghasilan keluarga.
7. Mengupayakan sumber anggaran lain selain (APBDes) untuk pembangunan infrastruktur di Desa.
8. Mengaktipkan kembali Gotong Royong guna menjalin silaturahmi dan rasa kebersamaan memelihara kebersihan, kerapian dan keindahan wilayah desa.
9. Menghidupkan kembali kegiatan keagamaan berupa Pengajian Majlis Ta’lim, perayaan hari-hari besar Islam (Maulid Nabi? Rajaban, dll)
10. Membangun sumur bor yang baru dan berfungsi baik dan memperbaiki sumur bor lama yang tidak maksimal agar kebutuhan air masyarakat terpenuhi.
11. Mengoptimalkan peran (BUMDes) dalam meningkatkan income Desa.
12. Menggali potensi pendapatan asli Desa (PAD) untuk kemakmuran masyarakat.
13. Mengembangkan bakat pemuda/pemudi dengan melakukan kegiatan pelatihan dan sparing. (asp).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here