Mukomukonews.com – Setelah menjalani rangkaian proses yang cukup panjang dan melelahkan, 2 pelajar asal Mukomuko lolos melaju ke tingkat nasional dalam ajang lomba debat bahasa Indonesia dan Fisika mewakili Provinsi Bengkulu.

Ke dua Pelajar berprestasi asal Kabupaten Mukomuko tersebut diketahui bernama M.Iqbal Banoza Apriansyah juara lomba debat bahasa Indonesia . Sedangkan juara lomba Fisika adalah Khairun Anisa, ke duanya merupakan pelajar Kelas 12 IPA SMUN 1 Mukomuko.

Hal tersebut disampaikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Mukomuko Jasni MPd kepada awak media baru baru ini. Menurutnya, ajang lomba ini di mulai dari antar sekolah se-kabupaten yang kemudian dilombakan lagi ditingkat provinsi dan juara di provinsi selanjutnya maju ditingkat nasional.

“Dan Alhamdulillah Pelajar SMUN 1 Mukomuko terpilih untuk mengikuti lomba di tingkat nasional. Kita berharap pelajar berprestasi yang ikut dalam ajang lomba ini, dapat berjuang sekuat tenaga agar dapat membawa nama baik sekolah, orang tua dan daerah. Kita juga berharap kepada seluruh siswa dimukomuko tetap semangat belajar, jadikan ini contoh untuk memotivasi diri agar semakin giat dalam meraih prestasi, karena setiap event lomba itu ada bermacam macam kategori seperti saint, bahasa dan olah raga. Asah diri sebaik mungkin dengan bakat dan talenta yang ada pada diri sendiri. Kepada seluruh para guru di SMU dikabupaten Mukomuko berpacu mencetak siswa siswa yang berprestasi supaya mampu bersaing di tingkat kabupaten, provinsi bahkan pusat ” harapnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMUN 1 Mukomuko melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Meva Ariyanti SPd MM mengatakan, kemampuan kedua siswa ini di sekolah selama ini memang terlihat cukup menonjol diantara siswa lain.

Eva mengatakan, untuk mengikuti ajang lomba hingga sampai ketingkat nasional ke dua siswanya ini telah melalui beberapa tahapan, yakni seleksi tingkat sekolah, lomba tingkat Kabupaten, dengan dibina oleh guru bidang mata pelajaran (mapel) nya kemudian masuk ketingkat provinsi,
setelah menang di tingkat provinsi, dan untuk maju ketingkat nasional, keduanya langsung dibimbing oleh provinsi.

“Untuk lomba bahasa Indonesia ini kini sedang berlangsung di tingkat nasional dan untuk lomba Fisika kemungkinan saat ini masih sedang dilakukan karantina dan pemantapan serta pengembangan oleh pihak Provinsi Bengkulu. Untuk kharun Anisa ini sendiri hingga saat ini belum ada pemberitahuan ke pihak sekolah karena baru diumumkan kemaren, apakah nanti sama jadwalnya atau tidak, kita belum dapat kabar, tapi yang jelas pihak sekolah tetap akan melakukan pendampingan serta bimbingan kepada kharun Anisa untuk berlaga ditingkat nasional ” pungkasnya.

Meva menyampaikan, setelah 7 tahun,
Kabupaten Mukomuko akhirnya tahun ini bisa kembali lagi maju mengirimkan putra daerahnya berkompetisi sains ketingkat nasional.

“Kalau tidak salah, terakhir tahun 2014 kita mengikuti lomba mewakili kabupaten Mukomuko. Kita berharap siswa SMUN 1 Mukomuko ini bisa membawa nama baik daerah kabupaten Mukomuko, sehingga masyarakat Indonesia khususnya di provinsi Bengkulu bisa tahu ada sekolah berprestasi di Kabupaten Mukomuko yakni SMUN 1 Mukomuko. Sebenarnya dimana dimanapun kita sekolah, yang dipelajari itu semua sama, tinggal bagaimana kemauan kita, niat dan motivasi diri untuk maju, kita jangan merasa minder atau malu kalau kita bersekolah di sekolah yang tidak favorit, tetap semangat karena semua orang bisa berprestasi. Harapan kita semoga kedepan SMUN 1 Mukomuko bisa mewakili berbagai bidang lomba lain di tingkat provinsi maupun nasional.” Pungkas Meva.

(Rahmadsyah Sipahutar/asp).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here