Sidang Paripurna Ke 9 DPRD Mukomuko Digelar, Bupati Mukomuko Paparkan PAD

0
272

Mukomukonews.com – Sidang paripurna ke 9 DPRD Mukomuko dengan agenda mendengar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah (LKPjKD) Tahun anggaran 2021 digelar di sekretariat DPRD Mukomuko, Senin (21/3/2022).

Sidang Paripurna yang dihadiri oleh Bupati Sekda, Kapolres, Kodim 0428 dan unsur FKPD Kabupaten Mukomuko dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Mukomuko, M. Ali Saftaini, SE didampingi unsur pimpinan.

Bupati Mukomuko, Sapuan, SE, MM, AK CA, CPA dalam sambutannya menyebut, penyampaian LKPJKD oleh Pemerintah Daerah kepada DPRD Mukomuko ini telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 13 tahun 2019, sehingga kegiatan tetap dan harus dilakukan.

Kata Bupati, Sapuan, Dalam PP tersebut, menjelaskan tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Terkait evaluasi, itu wewenang DPRD Mukomuko diserahkan kepada anggota DPRD Mukomuko.

Dalam rapat LKPJ Tahun 2021 Bupati Mukomuko Sapuan SE, MM, Ak ,CA, CPA, menuturkan, Pendapatan Daerah adalah sebesar, 881,724,650,386,00 dengan realisasi 876. 818. 874. 202. 99, atau 99,44 persen.

“Adapun pendapatan daerah tersebut merupakan kontribusi dari, pendapat asli daerah (PAD) dimana pada tahun anggaran 2021 sebesar ,Rp. 64. 261. 921. 777. 00, dengan realisasi sebesar Rp. 56. 173. 101. 578. 99, atau sebesar 87,41,persen. Pendapat daerah tersebut bersumber dari pendapatan pajak Daerah, hasil retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan darah yang di pisahkan  dan lain lain pendapatan asli daerah yang. Sah, turur Sapuan.

Sementara itu, Ketua DPRD Mukomuko, M. Ali Syaftaini, S.E dalam rapat mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti LKPj KD yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko. Ali pun kemudian menjelaskan, tahapan yang akan dilalui telah ditetapkan dalam Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Mukomuko.

Ali juga menerangkan, hasil akhir dari LKPj KD ini adalah rekomendasi untuk Pemda Mukomuko dalam menyelenggarakan roda Pemerintahan kedepan.

“Ya, untuk waktu evaluasi kita memiliki jeda waktu satu bulan kedepan. Hasil akhir dari laporan ini adalah rekomendasi untuk Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan Pemerintahan kedepannya,” jelas Ali.

Dalam rapat tersebut, nggota DPRD Mukomuko dari Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Daerah Pemilihan Kabupaten Mukomuko III, Wisnu Hadi, SE mengatakan, setelah mendengar laporan dari Bupati Mukomuko, secara lembaga pihaknya akan membentuk pansus

“Tugas pansus ini adalah melakukan koreksi dan memberikan catatan terhadap LKPj KD itu. Ini sifatnya rekomendasi,” Ujar Wisnu. (ADV/asp).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here