Pemdes Rami Mulya Realisasi Program Ketahanan Pangan dan Hewani

0
246

Mukomukonews.comPemerintah Desa (Pemdes) Rami Mulya, Kecamatan Air Rami, Kabupaten Mukomuko, telah merealisasi Program Ketahanan Pangan dan Hewani bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2022) untuk ternak kambing dan budi daya tanaman muda.

Diketahui, anggaran Ketahanan pangan dari DD Tahun 2022 sebesar 20 persen tersebut totalnya mencapai kurang lebih Rp. 139. 697 .200 yang dialokasikan untuk membeli ternak kambing, benih budi daya untuk bercocok tanam tanaman muda ini, direalisasikan kepada 7 kelompok, Rabu, (8/4/2022).

Kepala Desa Rami Mulya, Supanto, saat dikonfirmasi melalui Bendahara Desa Rami Mulya, Asiani, S.Pd menerangkan, realisasi Program Ketahanan Pangan dan Hewani sebesar 20 persen dari DD tahun 2022 di Desa Rami Mulya berpedoman dengan Peraturan Presiden No 104 Tahun 2021 untuk dijadikan sasaran prioritas.

“Sesuai hasil musyawarah desa, program itu di realisasikan dengan meliputi 2 bidang kegiatan yaitu, bidang peternakan kambing dan bidang budi daya bercocok tanam tanaman muda seperti tanaman cabai, sayur kangkung dan bayam,” kata, Asian, S.Pd kepada mukomukonews.com ketika ditemui di kantor Desa Rami Mulya, Jum’at (8/4).

Asian, S.Pd menjelaskan alokasi anggaran ketahanan pangan dan hewani 20 persen dari DD tahun 2022 di Desa Rami Mulya dengan total sebesar Rp. 139. 697. 200, telah direncanakan secara matang melalui musyawarah desa.

“Adapun total anggaran untuk Ketahanan Pangan dan Hewani 20 persen dari DD Tahun 2022 di Desa Rami Mulya sebesar Rp. 139.697.200 digunakan untuk beli ternak kambing, pakan ternak kambing, benih tanaman muda, poliback dan waring. ,” jelas, Asian, S.Pd.

Terpisah, Camat Air Rami, Sunandi, SP, M.Si, saat dikonfirmasi membenarkan realisasi program ketahanan pangan dan hewani di Desa Rami Mulya tersebut.

“Tentu kita berharap, Program Ketahanan Pangan dan Hewani di Desa Rami Mulya bisa berkembang sehingga menghasilkan pendapatan. Kita menyarankan khususnya bidang peternakan kambing supaya nanti teman-teman petugas peternakan dari kecamatan Air Rami melakukan semacam membumbing secara teknislah, pertama seperti apa berternak yang baik itu dan ke dua, kesungguhan dari kelompok dalam mengelola ternak kambing sehingga ternak kambing itu betul-betul bisa dikembangkan, bukan ceritanya yang dikembangkan.” Pungkas Camat Air Rami, Sunandi, SP, M.Si. (asp).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here