Pastikan Pekerjaan Sesuai RAB, Tiga Pilar Gelar Monev  DD Di Desa Bukit Harapan

0
144

Mukomukonews.com – Jajaran Pemerintah Kecamatan Air Rami, Kabupaten Mukomuko melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) kegiatan pembangunan fisik bersumber dari Dana Desa (DD) tahap 1 tahun 2022 di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Air Rami, Kabupaten Mukomuko, Kamis (7/7/2022).

Pantauan awak media, kegiatan Monev yang melibatkan, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Pendamping Desa, Pemerintah Desa, BPD dan tokoh masyarakat Desa Bukit Harapan. Tampak Monev diawali dengan rapat koordinasi dan melakukan pengecekan pekerjaan pembangunan fisik yang berada di beberapa lokasi.

Camat Air Rami, Sunandi, SP, M.Si dalam tapat Monev menyampaiakan, kegiatan Monev ini untuk memastikan kegiatan pembangunan DD tahap 1 tahun 2022 di Desa Bukit Harapan terlaksana sesuai RAB dan perencanaan awal.

“Monev ini sifatnya pembenahan, jika ada sebab 5 Rupiahpun Dana Desa harus dipertanggungjawabkan. Maka dari awal, saya menghimbau Pemdes, BPD agar setiap pembangunan fisik DD dikerjakan sesuai prosedur perencanaan. Nanti hasil Monev akan kami catat. Kalau dalam catatan ada kekurangan mohon segera diperbaiki,” jelas Camat.

Bhabinkamtibmas dalam Monev juga memberikan masukan kepada Pemdes Bukit Harapan terkait pengelolaan DD terutama dalam pembuatan RAB harus jelas volume pekerjaan ditampilkan anggaran secara rinci biar di dalam RAB.

“Selain itu, kita juga berharao setiap ada pekerjaan fisik seperti JUT, maupun pembangunan gorong-gorong harus dilaksanakan titik nol ini supaya setiap masyarakat tau pekerjaan baru atau lama,” jelasnya.

Disisi lain, stap Ekobang, Mimran dalam rapat pun menyampaikan bahwa dalam pantauannya masih ada beberapa catatan penting terkait pekerjaan pembangunan DD tahap 1 tahun 2022 ini di Desa Bukit Harapan seperti masalah hibah, hibah itu tolong segera ditindaklanjuti supaya tidak terjadi saling portal dikemudian hari.

Ketua BPD, Kiki Rudiiansyah mengatakan, kali ini ada 2 kegiatan DD di Desa Bukit Harapan yang dimonev hari ini, yakni kegiatan jalan usaha tani (JUT) sepanjang 3,5 km, dengan volume lebar 4 meter dan 3 unit pembangunan gorong-gorong di sepanjang JUT tersebut.

“Selain itu, ada juga pemasangan lampu jalan disepanjang 1000 meter jalan lintas desa yang dianggarkan dar PAD Sebesar Rp.60 jutaan,” kata BPD.

Kasi Ekobang, Miftahudin, SE juga memaparkan hasil pemeriksaannya dalam Monev tersebut yakni terkait aset dan Bumdes.

“Terkait Bumdes di Desa ini telah identik dengan PP Nomor 11 tahun 2021 tentang Bumdes, ini layak dijadikan contoh untuk desa desa lain. Di Desa Bukit Harapan sendiri, meskipun dari 5 unit usaha belum berjalan namun disatu sisisi unit unit lain sudah berjalan bagus,” imbuh Miftahudin.

Miftahudin, SE mengapresiasi Bumdes Bukit Harapan, karena kas yang sudah terkumpul sekarang ini telah mencapai Rp. 415 juta merupakan suatu kebanggaan di desa Buki Harapan.

“Ada 3 Bumdes Desa di kecamatan Air Rami yang sudah mengajukan badan hukum, Ke 3 desa tersebut adalah Desa Bukit Harapan, Makmur Jaya dan Arga Jaya.Nanti kalau sudah berbadan hukum tolong ditingkatkan lagi seperti unit link itu sangat baik,” harapnya.

Sementara kata Miftahudin, Terkait aset, masih banyak kekurangan hingga saat ini belum ditindaklanjuti termasuk nomor register aset.

“Ke tiaga, berita acara serah terima barang tolong diprin pemegang aset dikasih dan dipertanggungjawabkan. Sementara mengenai aset motor desa sudah ada peningkatan pajaknya sudah dibayar. Dan untuk percepatan mudah-mudahan sudah menyusun RKPDes terutama tentang pelatihan ketahanan pangan, mengenai narasumber pemateri yang didatangkan sesuai bidangnya langsung saja ke dinas perikanan. Ini hanya pembinaan semoga desa Bukit Haraoan ke deoan lebih baik.

Menanggapi hal itu, Kades Bukit Harapan, Sohibun mengucapkan terimakaaih atas suport dari tim Minev terhadap program di Desa Bukit Harapan,. Itulah pekerjaan kami pak, jika masih ada hal hal yang belum terpenuhi mohon bimbingan selanjutnya,.Terkait sarannya terutama dengan aset akan kami ditindaklanjuti dan mohin bimbingan bapak selanjutnya.” Pungkas Kades. (asp).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here