Mukomukonews.com – Nampaknya keinginan masyarakat untuk menikmati Wahana Air di Desa Arga Jaya, Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomuko cukup tinggi.

Buktinya, pada operasi perdana yang menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sejak 3 hari lalu, tampak situasi pengunjung di Wahana Air tempat rekreasi bermain anak maupun orang dewasa ini cukup ramai.

Situasi tersebut terpantau saat wartawan media mukomukonews.com (MN) melakukan kunjungan ke lokasi Wahana Air tersebut, Rabu, (26/5/2021)

Dengan menempuh jarak yang tidak terlalu jauh dan juga tidak memakan waktu lama MN akhirnya tiba dilokasi sekitar pukul 13.00 WIB.

Sesaat setelah tiba dilokasi, MN pun langsung diarahkan oleh petugas parkir untuk memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang telah disediakan.

” Selamat siang maaf tempat parkir kenderaannya di sini pak,” kata petugas parkir sambil meberikan kertas bukti parkir kendaraan.

Usai memarkirkan kendaraan, MN kemudian berjalan kaki sambil memantau situasi mulai dari simpang jalan masuk hingga ke titik lokasi wahana air tersebut.

Menjelang pintu masuk arena wahana air ini, sejumlah pengunjung sedang membeli tiket dari petugas Wahana.

“Untuk para pengunjung yang akan bermain di wahana air kita beri tiket seharga 10 ribu bagi anak dan 5 ribu untuk orang tua yang mendampinginya pak,” jawab penjual tiket masuk kepada MN usai ditanya terkait harga tiket tersebut.

Setelah meminta ijin dari petugas, MN memantau situasi di wahana air tersebut. Wahana air jernih terlihat berwarna kebiruan ini terpantau sejumlah anak yang didampingi para orangtuanya sedang bermain berenang, mereka terlihat sangat senang dan bergembira merasakan suasana sejuk air kolam dan semburan air tumpah.

Dengan ukuran kolam yang tidak begitu luas, namun bentuknya cukup menarik. Pasalnya, kolam renang yang berbentuk persegi dengan kedalaman air 120 cm tempat bermain anak sekolah, diujung kolam sebelah barat ada kolam renang berbentuk lingkaran dengan kedalaman 50 cm khusus untuk permainan anak kecil.

“Kolam renang ini ada 2 pak, berbentuk persegi dan lingkaran. Kolam berbentuk persegi dalamnya 120 cm khusus untuk anak sekolah. Sedangkan kolam berbentuk lingkaran dalamnya hanya 50 cm ini khusus untuk anak kecil dan wajib didampingi orangtua,” kata pengawas kolam.

Menariknya, pengunjung saat bermain di wahana air yang belum lama dilaunching oleh Bupati Mukomuko ini, juga dihibur dengan musik karaoke, hanya dengan tarip 10 ribu saja para pengunjung cukup puas bisa menyumbangkan suaranya lewat musik karaoke sebanyak 4 lagu.

Selain itu, di lokasi wahana ini ada juga tanaman hias yang tertata rapi sedemikian rupa di tepi wahana air juga pohon rimbun di sekitar lokasi membuat suasana pemandangan tampak lebih menarik.

Selain menghimbau para pengunjung supaya melepas alas kaki saat bermain di wahana air, pengelola juga menghimbau para orang tua untuk memperhatikan anaknya yang sedang bermain di wahana air.

” Demi menjaga kebersihan, para pengunjung di Wahana Air dihimbau supaya melepas alas kaki saat bermain. Juga kepada para orangtua kita himbau supaya memperhatikan anak anaknya yang sedang bermain di wahana air,” kata pengelola wahana air menggunakan pengeras suara.

Usai melakukan pemantauan, WN kemudian berbincang sambil menikmati secangkir kopi bersama Kepala Desa dan pengurus Bumdes Arga Jaya yang mengelola Wahana Air tersebut.

Menurut Kades Arga Jaya, Tugiran Pihaknya bersama pengurus Bumdes selaku pengelola wahana air ini, harus bekerja keras mulai dari pukul 18.00 WIB bahkan sampai pukul 24.00 WIB untuk bersih bersih lokasi dan mengecek PH air kolam, sehingga kebersihan lokasi maupun kesehatan air kolam tetap terjaga sehingga para pengunjung tetap merasa nyaman.

“Kita harus Jaga kadar PH tetap di posisi ideal di 7,2 – 7,6 ppm perhari. Jaga kadar kaporit tetap diposisi ideal di 1,0 – 1,5 ppm perhari. Sirkulasi minimal 6 jam perhari. Rutin di Vakum setiap pagi. Rutin membersihkan Sand Filter minimal sebulan sekali.” Pungkasnya. (asp).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here