Mukomukonews.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas lingkungan hidup (LH) Kabupaten Mukomuko melakukan monitoring di areal kolam limbah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik Perusahaan, PT. Agromuko yang berlokasi di Desa Saribulan, Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko, Kamis, (1/4/2021).

Hal Ini dibenarkan oleh Kepala Dinas LH Kabupaten Mukomuko, Abdiyanto, saat dikonfirmasi Mukomukonews.com, Sabtu pagi, (3/4/2021).

Menurut Abdiyanto, pada saat melakukan monitoring, pihaknya menemukan 3 hal di areal kolam limbah yang patut menjadi perhatian serius bagi pihak perusahaan PKS, PT.Agromuko.

Ke 3 hal tersebut antara lain, 1. terjadinya sedimen yang cukup tinggi di beberapa kolam limbah, 2. keberadaan tempat pembuangan sampah (TPS) di areal kolam limbah dan 3. ada tanggul kolam limbah terlalu rendah.

“Terkait poin 1, kita telah menyarankan kepada pihak perusahaan untuk supaya melakukan Pengerukan Kolam Limbah tersebut. Begitu juga dengan poin 2, LH sarankan supaya sampah yang berada di areal kolam limbah itu dimasukkan ke dalam lubang dan ditimbun dengan tanah dan poin ke- 3, LH juga menyarankan perbaikan dan peninggian tanggul agar limbah di dalam kolam tidak meluber,” ungkap Abdiyanto dalam keterangan tertulisnya.

Abdiyanto mengatakan, Pengelolaan Limbah harus wujudkan Lingkungan yang Lestari, sehingga pihaknya perlu untuk melakukan monitoring kolam limbah pabrik tersebut.

“Pengelolaan limbah harus wujudkan lingkungan yang lestari sehingga kolam limbah tersebut perlu dimonitoring. Tapi pihak Agro telah siap mengikuti saran dari Dinas LH, mereka juga telah berkomitmen untuk segera memperbaiki kekurangan yang ada.” Pungkasnya. (asp).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here