Ditengah Covid-19, Kagama Bengkulu, Bangun Gerakan Solidaritas Cantelan

0
195

Mukomukonews.com– Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Provinsi Bengkulu mengajak masyarakat Mukomuko untuk membangun gerakan solidaritas masyarakat Cantelan guna membantu masyarakat yang kehilangan pendapatan akibat pandemi Covid-19.

Ajakan terhadap masyarakat membangun gerakan solidaritas Cantelan disampaikan Ketua Kagama Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah dalam kunjungan kerjanya di Mukomuko, Rabu (15/12/2021).

Pada kesempatan itu, Rohidin Mersyah menjelaskan, Cantelan adalah sebuah kata yang diambil dari bahasa Jawa memiliki arti gantungan. Kata Rohidin, melalui gerakan itu, warga yang berniat untuk membantu dan membagikan sesuatu miliknya, bisa menggantungkannya di tempat yang sudah disediakan dan warga yang merasa butuh bisa mengambilnya.

“Kegiatan cantelan ini untuk menumbuhkan budaya memberi dan menerima, untuk saling berbagi di masyarakat sekitar, semangat untuk peduli berbagi antarwarga. Cantelan ini adalah gerakan untuk mendorong semangat warga dalam mebantu warga,” jelas Ketua Kagama Provinsi Bengkulu.

Rohidin lebih jauh Menyampaikan, bahwa gerakan cantelan ini nanti bisa diteruskan oleh masyarakat untuk membantu warga yang kurang mampu, untuk mencukupi kebutuhan ekonomi ditengah pandemi ini. Ia juga berharap, kegiatan cantelan ini bisa diterapkan oleh komunitas-komunitas masyarakat yang ada di kabupaten Mukomuko.

“Gantungan di cantelan ini nanti bisa diisi dalam tas kresek yang digantung pun beragam, tergantung dari pemberian warga yang ikut dalam program cantelan ini. Misalnya beras, telur, sayur, hingga bumbu dapur, jadi bagi warga yang membutuhkan bahan pokok tersebut diperkenankan untuk mengambilnya sesuai dengan kebutuhan.” Tutup Rohidin. (asp).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here