BRI Pilih Pasar Pulai Payung Percontohan Project Pasar.id

0
242

Mukomukonews.com – Bank Rakyat Indonesia (BRI) Bengkulu meresmikan Pasar.id di pasar Desa Pulai Payung, Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Sabtu (30/4/2022).

Pantauan media mukomukonews.com, pada saat persemian pasar.id yang berlangsung di kantor pasar Pulai Payung, ini, tampak hadir Manager dan Kepala BRI Bengkulu, Kepala Desa dan Perangkat Desa Pulai Payung, BPD dan segenap Pengurus Pasar Desa Pulai Payung.

Selain melakukan peresmian Pasar.id, pihak BRI juga tampak membagikan Sembako bagi masyarakat yang ada di Pasar Pulai Payung.

Manager BRI Bengkulu, Robinson, saat dikonfirmasi mukomukonews.com usai melakukan kegiatan mengatakan, pasar.id ini merupakan program BRI yakni sistim proses transaksi jual beli barang secara online di pasar.

“Selama ini kan transaksi jual beli barang di pasar masih dilakukan secara ofline dimana pembeli datang kepasar dan bertemu langsung dengan pedagang.Tapi kalau di pasar.id ini tidak, transaksi jual beli antara pembeli dengan penjual bisa mereka lakukan dari rumah, tinggal masuk saja ke pasar.id disana sudah ada daftar barang yang diinginkan kemudian bisa langsung trasaksi,” jelas Robinson.

Robinson mengatakan, munculnya ide untuk membuka program pasar.id dilatar belakangi oleh suasana pandemi Covid-19 bekerjasama dengan Pemerintah desa dan BPD. Kata Robinson, pada saat situasi pandemi, orang takut berbelanja dipasar sehingga mengakibatkan transaksi jual beli barang di pasar jadi sepi.

“Maka dengan itu BRI berinovasi membuat pasar. id ini, supaya walaupun ditengah suasana pandemi Covid-19 orang tetap bisa berbelanja. Itu makanya hari ini kita resmikan pasar.id di Pasar Pulai Payung yang merupakan satu satunya pasar di Kabupaten Mukomuko yang kita pilih untuk percontohan project pasar.id dan kebetulan aktifitas jual beli di pasar ini, hampir setiap hari berjalan sehingga kita pilih untuk percontohan pasar.id,” tutur Robinson lagi.

Robinson berharap, dengan adanya kerjasama ini, masyarakat akan menjadi terbiasa berbelanja secara online, karena di dalam proses digitalisasi ini, tidak bisa dilakukan pembayaran tunai, terus proses digital/online kedepan harus jalan.

Disisi lain, Kepala Desa Pulai Payung, Mustarrudin, SE mengatakan, Pasar.id tersebut merupakan program BRI untuk desa yang manfaatnya luar biasa di era digitalisasi sehingga perlu didukung.

“Saya sebagai Kepala Desa Pulai Payung sangat mendukung program ini, karena manfaatnya sangat luar biasa, transaksi jual beli bisa dilakukan dari rumah. Kami juga dari Pemdes Pulai Payung sangat berterimakasih kepada pihak BRI, karena selain berinovasi membuat pasar.id, pihak BRI tadi juga memberi bantuan Sembako kepada masyarakat yang ada di Pasar Pulai Payung,” ungkapnya.

Mustarrudin, SE mengakui BRI memang luar biasa suportnya untuk memajukan pedagang dalam proses jual beli di pasar Pulai Payung. Ia berharap kedepan agar seluruh pedagang dan masyarakat di Desa Pulai Payung bisa memanfaatkan program BRI pasar.id ini, untuk menjadikan salah satu alat mempermudah proses transaksi jual beli di pasar.

Sementara, BPD Desa Pulai Payung, Syahbandar, dikonfirmasi kepada awak media ini mengatakan, sangat mendukung program BRI pasar.id karena manfaatnya sangat besar kepada masyarakat bisa mempermudah proses transaksi jual beli di pasar.

“Program Pasar.id sangat bermanfaat, walaupun dalam suasana pandemi tapi transaksi jual beli barang di pasar Pulai Payung bisa tetap berjalan.” Pungkas ketua BPD Desa Pulai Payung. (asp).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here