Mukomukonews.com – Mantapkan program ketahanan pangan TNI AD, Dandim 0428/Mukomuko, Letkol Czi Rinaldo Rusdy, SIP melakukan peninjauan ke lokasi pertanian pertanaman jagung seluas 7 hektare milik petani di Desa Tirta Mulya, Kecamatan Air Manjunto, Kabupaten Mukomuko, Senin (4/7/2022).

Dandim 0428/Mukomuko hadir di lokasi pertanian tanaman jagung tidak sekedar melakukan peninjauan tetapi bertemu dan berdialog mendengar secara langsung apa yang menjadi keluhan maupun kendala yang dialami para petani terkait rencana ketahanan pangan TNI AD Kodim 0428 / Mukomuko tersebut.

Saat berdialog dengan para petani, Dandim 0428/Mukomuko, Letkol Czi Rinaldo Rusdy, SIP memaparkan bahwa rencana program ketahanan pangan ini merupakan petunjuk dan arahan dari KASAD yang rencananya akan dimulai minggu ke 3, bulan Juli 2022 mendatang.

“Setelah kita seleksi, dari sekian banyak desa yang ada di Kabupaten Mukomuko, akhirnya kita memilih Desa Tirta Mulya karena Desa Tirta Mulya memenuhi beberapa kriteria untuk realisasi pertanian penanaman jagung mendukung program KASAD dalam rangka Ketahanan Pangan, dan hari ini kita sudah melihat langsung lahan yang akan dijadikan untuk program ketahanan pangan di Desa Tirta Mulya,” papar Letkol Czi Rinaldo Rusdy, SIP.

Dandim 0428/MM Letkol Czi Rinaldo Rusdy pun berharap program Ketahanan Pangan KASAD ini dapat terwujud dan membawa manfaat ditengah masyarakat
sesuai petunjuk dan arahan dari KASAD, program ini bertujuan untuk menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Apalagi saat ini para petani di Desa Tirta Mulya baru selesai panen, nah dengan masuknya program ketahanan pangan TNI AD di desa ini, kedepannya hasil panen petani bisa meningkat dari hasil panen sebelumnya,”; lanjut, Perwira dua melati emas ini.

Selain itu, Dandim juga berharap agar petani jagung di Desa Tirta Mulya ini, dapat melakukan manejerial yang baik sehingga program ketahanan pangan TNI AD di Desa Tirta Mulya mendapat hasil  maksimal.

“Kepada petani coba untuk bisa mengatur sistem pengolahannya, karena beberapa hal sudah kita bantu bersama Dinas Pertanian Kabupaten, dimana beberapa hal yang disampaikan oleh para petani pada kesempatan tadi, ini akan kita coba koordinasikan semaksimal mungkin agar dapat terwujud sesuai yang diharapkan petani, sehingga kedepannya program ketahanan pangan di Desa Tirta Mulya ini berjalan lancar dan terwujud serta bisa berdampak untuk peningkatan ekonomi warga Desa Tirta Mulya ini,” tegas Dandim 0428/Mukomuko.

Untuk membantu petani dalam progam tersebut Kodim 0428/Mukomuko akan memberikan bibit jagung kepada petani, selain itu Kodim juga akan mengupayakan petani untuk mendapatkan pupuk subsidi.

”Hal ini akan segera kita koordinasikan dengan dinas pertanian agar pupuk subsidi untuk petani jagung bisa terealisasi, dan akan kita tempatkan Babinsa kita untuk membantu petani dalam mendapatkan pupuk subsidi,” tegas Dandim.

Dandim juga meminta petani untuk memulai menanam jagung, apabila sudah masuk musim tanam, nanti bibit yang dari petani akan diganti, segera tanam apabila memang sudah bisa dan masuk musim tanam, tidak usah menunggu jadwal yang  direncanakan yakni minggu ke 3 bulan Juli 2022.

“Kami dari TNI dalam kegiatan ini akan melakukan kegiatan sosial dan mendorong petani untuk lebih semangat lagi dalam menanam jagung,” sebut Dandim Letkol Czi Rinaldo Rusdy.

Disisi lain  Camat Air Manjuto dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada TNI AD dan Kodim 0428/MM atas kepedulian dan perhatian  menguatkan ketahanan pangan untuk warga di Desa Tirta Mulya.

Camat mengatakan, jika pihaknya telah mendengar apa yang sudah dipaparkan pak Dandim, Bahwa TNI AD sedang menggiatkan program ketahanan pangan, yang mana melalui kegiatan itu diharapkan masyarakat mendukung program tersebut, salah satu diantaranya adalah dengan menanam jagung.

”Kepada desa yang sudah bersedia kami ucapkan terimakasih, semoga keikhlasan warga dalam mendukung program TNI AD ini nantinya mendapatkan hasil yang menggembirakan sebagai perwujudan TNI yang selalu bersama rakyat,”  kata Sugiyanto.

Sementara itu perwakilan petani melalui Ketua Kelompok Tani Mekar Sari Dalimin mengatakan, dalam menjalankan program inii mohon sekali pihaknya untuk dibantu perawatan dari awal sampai panen dan pemupukan yang tidak memberatkan petani dan setelah pasca panen.

“Semoga bisa diwujudkan apa yang menjadi permohonan kami ini, agar bisa memotivasi kami para petani, dan kami siap mendukung program Pak Dandim untuk penguatan sektor pertanian jagung di Desa kami,” harap Dalimin.

Menanggapi hal itu Dinas Pertanian Mukomuko melalui Kabid Peternakan dan Keswan Fitriana S.Pt mengatakan kepada petani untuk membuat daftar kebutuhan pupuk dimasing masing lahan mereka,” kepada petani tolong untuk mengusulkan pupuk sesuai dengan kondisi lahannya masing masing, karena pastinya kondisi tiap lahan petani ini berbeda, jadi dimohon kepada para petani untuk mengusulkan pupuk sesuai kebutuhan lahannya,” pinta Kabid Pertenakan dan Keswan.

Atas kunjungan Dandim 0428/MM ke Desa Tirta Mulya untuk mantabkan Program Ketahanan Pangan TNI AD didesanya Kades Tirta Mulya Supriyanto mengaku merasa senang dan gembira atas program ketahanan pangan di desa mereka.

“Semoga program yang sangat baik dari TNI AD ini, dapat terlaksan dan terwujud sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi warga Desa Tirta Mulya,” tutur Kades Supriyanto.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Dandim 0428/MM Letkol Czi Rinaldo Rusdy SIP bersama  Pasi Intel Letda Inf Rahmad Dori, Camat Air Manjuto Sugiyanto Spd, Kasi Pemerintahan Pujianto Spd, Kabid Peternakan dan Keswan Dinas Pertanian Mukomuko berserta rombongan, BPP Air Manjuto, PPL, Babinsa, Kades dan Perangkat Desa Tirta Mulya serta Ketua Kelompok Tani Mekar Sari dan anggotanya.(asp).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here