Dasawisma Giri Maju Terima Bantuan Bibit Sayur dan Pupuk

0
139
Dasawisma Giri Maju terima bantuan bibit Sayur dan pupuk dari Nagari Giri Maju, yang mana pemberian bantuan bibit sayur ini merupakan program Nagari dalam hal peningkatan dan tambahan tanaman di taman dasawisma.

Tujuan bantuan ini antara lain agar taman Dasawisma dapat menghasilkan berbagai manfaat seperti, membangun kemandirian, meningkatkan ketahanan pangan masyarakat, serta memperhatikan perkembangan gizi melalui sayur-sayuran maupun tumbuhan atau tanaman obat keluarga, termasuk berbagai tanaman hias lainnya, sehingga dapat meningkatkan ekonomi kreatif di masyarakatnya.

Demikian antara lain disampaikan oleh Camat Luhak Nan Dua, Sutrisno saat menyerahkan bantuan bibit tanaman sayuran berupa, bibit terong, tomat dan saledri, kepada tujuh kelompok dasa wisma dan satu kelompok Tani Wanita, di Aula Kantor Nagari Giri Maju kecamatan Luhak Nan Dua Kabupaten Pasaman Barat, Jumat (28/06/2024).

Menurut Sutrisno, penyerahan bantuan ini dilakukan selain untuk pemanfaatan Lahan Pekarangan juga sebagai salah satu bentuk upaya meningkatkan pendapatan keluarga.

” Harapan kita, selain untuk memberdayakan dan memanfaatkan lahan pekarangan, dengan menanam bibit agar dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga, serta meningkatkan pendapatan keluarga, juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan gizi keluarga masyarakat Nagari Giri Maju,‚ÄĚterang Sutrisno

Camat mengatakan, Dasawisma juga dapat mempersatukan kebersamaan masyarakat, karena terjalinnya silaturahmi antar masyarakat melalui kegiatan gotong royong yang ada, masyarakat dapat berkreasi secara bebas dengan memanfaatkan lahan pekarangannya.

Di akhir sambutannya, Sutrisno juga menyampaikan peran dan tugas para kader DASAWISMA harus mampu untuk ikut memantau sekaligus membantu mengantisipasi timbulnya penyakit yang membahayakan keluarga, terutama pada anak-anak.

“Itu makanya kegiatan Dasawisma juga harus sejalan dengan program kesehatan masyarakat antara lain kerja bakti, mengadakan pengawasan kebersihan lingkungan, terutama untuk pencegahan dan penanggulangan stunting yang menjadi salah satu fokus perhatian,” terangnya.

Pada kesempatan itu Camat juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintahan Nagari Giri Maju, terutama juga mengapresiasi semangat Ibu-Ibu yang sudah hadir pada kegiatan hari ini, menurutnya ini suatu hal yang luar biasa.

“semangat ini tentu ditambah lagi adanya rencana Nagari Giri Maju dalam waktu dekat akan melaksanakan lomba kegiatan Dasawisma di Nagari Giri Maju, untuk memanfaatkan lahan pekarangan,”tutup Sutrisno.

Pj. Wali Nagari, Ratna Sari yang didampingi oleh Sekretaris Nagari, Indra Lubis dan Pelaksana pengelolaan keuangan Nagari, Marisa Uli. S. serta beberapa perangkat lainnya dalam sambutannya menyampaikan, tugas Dasawisma selain berperan serta aktif dalam mewujudkan keluarga sejahtera, juga harus ikut serta untuk mendata anggota keluarga, data ibu hamil dan melahirkan, data kematian bayi, hal ini sangat diperlukan untuk pencegahan dan penanggulangan stunting yang menjadi salah satu fokus perhatian Pemerintah saat ini.

Sebab menurutnya, dasawisma inilah yang nantinya akan bersentuhan langsung dengan keluarga-keluarga yang ada di Rukun Tetangga (RT) masing-masing, bagaimana menciptakan keluarga sehat dan keluarga sejahtera, salah satunya melalui bentuk kegiatan yang ada di dalam dasawisma sendiri yaitu Taman Dasawisma.

Di mana dalam taman dasawisma ini dilakukan kegiatan bercocok tanam dan berkebun, yang hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga atau menjadi produk untuk dijual dakam meningkatkan pendapatan ekonomi.

Ratna berharap, dari masing-masing kelompok dasawisma yang beranggotakan 10 kepala rumah tangga yang ada di setiap RT. hendaknya dapat mengikut aktifkan semua ibu -ibu di lingkungan nya dengan sebaik – baiknya, sehingga ada kebersamaan dalam mendapatkan maupun menambah ilmu dan wawasan serta dapat berguna dalam rangka pencapaian memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dikatakannya, Dasa wisma adalah kelompok ibu-ibu berasal dari 10 KK (kepala keluarga) rumah yang bertetangga dalam mempermudah jalannya suatu program, apa lagi Dasawisma merupakan suatu program PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) yang dibentuk untuk membangun kedekatan antara ibu-ibu rumah tangga di suatu wilayah yang dibagi ke dalam kelompok-kelompok berisi 10 KK (Kepala Keluarga).

“Dasawisma ini juga memiliki prinsip pengawasan dan pemberdayaan hingga unit terkecil dalam masyarakat, yaitu keluarga, dengan peran strategis mewujudkan keluarga sejahtera,” ungkapnya.

Dari ruang lingkup keluarga tersebut akan menyebar membentuk kelompok- kelompok kecil seperti Dasawisma yang ada saat ini di tingkat RT, Nagari, hingga Kecamatan.

Lanjutnya, kegiatan kelompok Dasawisma tidak hanya meningkatkan kesejahteraan keluarga dalam hal ekonomi dan kesehatan, tetapi pendidikan berbasis keluarga yang lebih proaktif harus juga digalakkan dalam rangka menunjang pendidikan di lembaga sekolah.

“Agar program-program dari kelompok Dasawisma dapat terlaksana dengan baik, makanya salah satunya hari ini kita menyerahkan bantuan bibit sayuran kepada tujuh Dasawisma dan satu kelompok Tani wanita yang ada di Giri Maju ini,” terang Ratna.

Pj. Wali juga menyampaikan, pihak Pemerintahan Nagari berencana akan memberikan penghargaan kepada dasawisma yang aktif dan terbaik melalui ajang lomba dasawisma tingkat RT se Giri Maju yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Harapannya, Tanaman-tanaman yang ditanam nanti selain dari bibit sayuran, tomat, seledri, dan terong yang telah diberikan hari ini, taman dan lahan pekarangan Dasawisma nantinya juga dapat ditanami berupa sayur-sayuran lainnya seperti kangkung, bayam, sawi, dan tanaman obat keluarga (jahe, kunyit, serai, kencur) termasuk bumbu atau rempah seperti cabai, bawang dan termasuk berbagai tanaman hias yang bermanfaat lainnya.

“Semoga dengan adanya bantuan bibit sayuran ini, tanaman yang ada di taman dasawisma, dapat menurunkan minat masyarakat dalam menggunakan bahan-bahan tambahan non alami dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Di akhir sambutannya, Ratna kembali berpesan agar, Dasawisma yang ada di setiap RT untuk mengajak serta partisipasi masyarakat di lingkungannya.

Sebab menurutnya, berkembang dan bermanfaatnya taman dasawisma ini, tentu dilihat dari keikutsertaan mereka dalam kegiatan gotong royong, bukan hanya aktif disaat akan mengikuti berbagai lomba saja.

“Untuk itu kita dari Nagari akan memantau dan menunggu produktivitas dari taman dasawisma nanti pada lomba dasawisma tingkat RT se Nagari Giri Maju mendatang,” terangnya.

Ratna juga menyampaikan, pada lomba itu nanti tim juri tentu selain menilai kebersamaan atau kekompakan dalam meningkatkan aneka produktifitas tanaman bermanfaat, juga akan menilai kebersihan Taman, serta menilai Dasawisma yang paling kreatif,” terangnya mengakhiri.

Pada acara serah terima bantuan bibit sayuran Jumat pagi tersebut, terlihat juga hadir Badan Permusyawaratan (Bamus) Nagari Giri Maju, tenaga pendamping dan seluruh kader Dasawisma serta ketua PKK, termasuk tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

(Zoelnasti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here