6 Unit Rumah Ludes Dilalap Api di Sasak

0
74
Enam unit rumah ludes dilalap api, di Jorong Simpang Padang Halaban,Nagari Sasak kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat pada Jumat (14/06/2024).

Adapun enam rumah yang hangus terbakar tersebut yakni, 1. Rumah Papan ukuran 8 M x 15 M milik YULI ASNA Panggilan Upiak Tangah,
2. Rumah papan ukuran 9 m x 6 m milik TITI,
3. Rumah Papan dan bagian dapur permanen ukuran 15 M x 6 M. milik ANDIKA Panggilan Andi Ator,
4. Rumah Papan ukuran 15 M x 6 M milik ZUWIR, 5. Rumah Papan termasuk bagian dapur permanen ukuran 15 M x 6 M milik YARNI Panggilan IYAR,
6. Rumah permanen dua tingkat ukuran 15 M x 8 M milik Beni Azwar Panggilan OBEN.

Demikian disampaikan oleh, MS, (30) dan GI (36) serta, YJ (30), yang ke tiganya beralamat di pasar Sasak Jorong, Padang Halaban Nagari, Sasak Kecamatan, Sasak Ranah Pasisie Kabupaten, Pasaman Barat, pada mukomukonews Jumat, (14/06/2024) di lokasi kejadian.

Menurut para saksi, mereka melihat api diduga berasal dari rumah salah seorang korban (TITI) yang diperkirakan dari Lampu Teplok minyak tanah yang meledak, mengakibatkan rumah korban terbakar dan menyebar ke 5 (lima) unit rumah lainnya.

“hanya saja, itu baru perkiraan dan kita belum mengetahui penyebab dugaan pastinya,” terang mereka.

Melihat peristiwa tersebut, secara spontan masyarakat berusaha melakukan pemadaman apa adanya dan tidak lama berselang, datang bantuan 2 (dua) unit Mobil pamadam kebaran dari Pemda Pasaman Barat dan di tambah Mobil AWC Polres Pasaman Barat, akhirnya api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 05.00 WIB.sore itu juga.

Sementara berdasarkan laporan dari Babinsa Koramil 02/SE Kodim 0305 /PSM, Serda Agusman menyampaikan, akibat dari peristiwa Kebakaran tersebut, untuk korban jiwa nihil, namun korban luka bakar ada dua orang yakni, Yanti, Umur : 35 Tahun, Suku : Minang, Pekerjaan : IRT, Alamat Pasar Sasak Jorong Padang Halaban Nagari Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat, mengalami luka bakar pada tangan kiri dan bagian punggung, sedangkan Tina, Umur : 8 Tahun, Suku : Minang, Pelajar SD dengan alamat yang sama mengalami luka bakar pada telapak kaki kanan.

Disampaikannya, kerugian Materil diperkirakan mencapai Rp.1.500.000.000. (satu milyar lima ratus juta rupiah).

“Enam rumah yang terbakar ini, terdiri dari Jenis bangunan rumah yang terbuat dari Papan dan Semi permanen hingga api dengan mudah melalap bangunan tersebut,” tambahnya.

Menurut Agusman, pihaknya belum mengetahui pasti penyebab dugaan kebakaran tersebut, namun berdasarkan informasi dari beberapa saksi di lokasi, mengatakan sumber api memang berasal dari salah satu rumah korban.

“Kita belum mengetahui apa penyebab pastinya, namun sumber api memang berasal dari rumah salah seorang korban, sedangkan untuk korban jiwa tidak ada,” terangnya mengakhiri.

(Zoelnasti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here