105 Kendaraan Terjaring Satlantas Polres Pasbar

0
103
Seratus lima Kendaraan terjaring saat SATLANTAS Polres Pasbar kembali menggelar razia kendaraan Bermotor di depan kantor Satlantas Polres Pasbar pada, Sabtu (20/04/2024) malam.

Kegiatan penertiban tersebut sebagai upaya dalam mengurangi tingkat kecelakaan Lalu Lintas di wilayah hukum Polres Pasaman Barat, Pasca Operasi Singgalang 2024.

Gelar razia tersebut berlangsung dengan tertib dan aman, terlihat beberapa kendaraan dan pengendara roda empat maupun kendaraan roda dua yang melintas di seputaran Kantor Satlantas Polres Pasbar termasuk yang melintas di Jalan Jalur 32 Simpang Empat, yang melakukan pelanggaran, serta tidak memiliki kelengkapan Surat-surat kendaraan berhasil dijaring.

Kapolres Pasaman Barat, AKBP. Agung Tribawanto, S.I.K melalui Kasat Lantas Polres Pasbar, IPTU. M. Irsyad Fathir Rachman kepada mukomukonews.com di sela-sela kegiatan tersebut menyampaikan, kegiatan razia malam ini merupakan upaya mengurangi tingkat kecelakaan Lalu lintas yang terjadi pasca berakhirnya Operasi Singgalang pada (14/04/2024) yang lalu.

“Di samping kegiatan rutin pada malam minggu, ini juga merupakan upaya dan tindak lanjut Satlantas Polres Pasbar dalam pengamanan arus balik lebaran, serta menekan tingginya tingkat kecelakaan yang terjadi usai Operasi Singgalang berakhir,”ucap IPTU. M.Irsyad.

M. Irsyad menambahkan, kegiatan tersebut juga merupakan perintah dari Kapolri SP. 168/4/2024 tentang antisipasi arus mudik lebaran yang masih berlangsung, serta banyaknya kasus kecelakaan yang terjadi di Sumatera Barat, khususnya di Pasaman Barat pasca operasi Ketupat.

“Kegiatan ini merupakan perintah dari Kapolri terkait pengamanan pasca arus mudik lebaran dan memang kita nilai masih banyak terjadi kasus kecelakaan pasca operasi ketupat 2024 kemaren,”terang Kapolres yang disampaikan oleh Kasat Lantas.

M. Irsyad, melanjutkan, Satlantas Polres Pasbar akan senantiasa melakukan penindakan terhadap pengendara yang melakukan pelanggaran, karena sudah bisa dipastikan, setiap kecelakaan yang terjadi pasti diawali dengan pelanggaran.

“Setiap peristiwa kecelakaan, pasti diawali dengan adanya pelanggaran. Untuk menekan tingkat kecelakaan tersebut, kita dari Satlantas Polres Pasbar akan senantiasa melakukan penindakan tanpa pandang bulu terhadap pengendara yang melakukan pelanggaran seperti, tidak memiliki kelengkapan kendaraan, tanpa pandang bulu,” pungkas Irsyad.

Pada kesempatan itu, IPTU. M. Irsyad juga menghimbau kepada seluruh pengendara agar senantiasa memeriksa kelengkapan kendaraan sebelum keluar rumah seperti, memakai helm, kondisi ban, serta melengkapi surat-surat kendaraan. sebab kecelakaan yang terjadi umumnya diawali dengan pelanggaran kendaraan yang tidak layak jalan di jalan raya.

“Kepada seluruh masyarakat Pasaman Barat, diharapkan untuk dapat menaati peraturan lalu-lintas dan meningkatkan kesadaran akan tertib berlalu lintas demi keselamatan diri sendiri dan orang banyak,” pinta M. Irsyad.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar yang juga diikuti oleh, Kanit Regiden, Ipda Andi Khairil, Kanit Patroli, Ipda L. Gaoul, Kanit Kamsel, Aiptu Hariyono Eka Putra dan personil Satlantas Polres Pasbar.

Berhasil dijaring pada malam itu ada 105 buah kendaraan yakni, roda 4 4unit,  roda dua 101 unit, termasuk kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot racing sebanyak 23 buah.

(Zoelnasti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here