Danrem 041/Gamas Resmi Tutup TMMD Kodim 0428/MM di Desa Lubuk Talang

0
51
Inspektur Upacara Brigjend TNI Rahmad Zulakrnain
Danrem 041/Gamas Brigjend TNI Rachmad Zulkarnain, resmi menutup TNI Menungal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 tahun 2024 Kodim 0428/MM di UPT Desa Lubuk Talang (Trans Lapindo) Kecamatan Malin Deman  Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Rabu 20/3/24.

“Pada Hari ini Rabu  20 Maret 2024, pukul 10.22 WIB, TNI Manunggal Membangun Desa Ke-119  Tahun 2024 Kodim 0428/Mukomuko secara resmi saya nyatakan ditutup”, ucap Brigjend TNI Rachmad Zulkarnain yang  menjadi inspektur upacara penutupan TMMD di Desa Lubuk Talang.

Dalam Sambutannya sebelum penutupan, Brigjend TNI Rachmad Zulkarnain mengatakan MMD Ke-119 tahun 2024 merupakan program yang di laksanakan lintas sektoral, dengan melibatkan Pemda, Polri, Instansi terkait dan masyarakat setempat.

TMMD dilaksanakan bertujuan membantu pemerintah daerah guna mempercepat akselerasi pembangunan infrastruktur, untuk membuka daerah yang terisolir dan tertinggal guna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kepentingan pertahanan sekaligus memelihara kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Hal ini selaras dengan tema TNI Manunggal Membangun Desa tahun ini (2024), yakni, “Darma Bhakti TMMD Mewujudkan Pembangunan Daerah”, ucap Brigjend TNI Rachmad Zulkarnain.

Danrem 041/Gamas menyebutkan, keberhasilan TMMD, pembangunan sarana fisik dan non fisik secara umum telah mendorong perkembangan Desa. Capaian ini tentunya karena adanya dukungan dari pemerintah daerah provinsi dan kabupaten serta segenap elemen masyarakat.

“Keberhasilan ini cerminan dan sikap dan keinginan yang besar dari kita semua, untuk memberikan dan berbuat yang terbaik, dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat dalam segala segi kehidupan”, sebutnya.

Brigjend TNI Rachmad Zulkarnain, mewakili Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjend TNI  Yanuar Adil selanjutnya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan TMMD ke 119 tahun 2024 Kodim 0428/MM, dalam melaksanakan tugas untuk memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat.

“Sebagai pengendali kegiatan operasional (BKO) TMMD saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya, kepada Bupati dan Forkopimda Kabupaten, Kepolisian, instansi kementerian terkait, dan khususnya kepada seluruh  masyarakat, yang telah membahu-membahu bersama prajurit TNI mewujudkan pembangunan daerah, yang menjadi sasaran pelaksanaan TMMD ke 119 tahun 2024 ini”, ucapnya.

Ia juga mengungkapkan nilai utama yang ingin ditumbuh kembangkan dalam setiap kegiatan TMMD, untuk mewujudkan ikatan kemanunggalan TNI dengan segenap jajaran Pemerintah Daerah, serta dengan semua lapisan masyarakat.

“Pada setiap kegiatan TMMD kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan, gotong-royong, cucuran keringat, masyarakat dan aparat bekerja sama di lapangan, hal ini menjadi refleksi kekuatan yang besar dari segenap komponen bangsa, yang memiliki visi misi dan tujuan bersama, guna mengatasi berbagai persoalan kesejahteraan”, ungkapnya.

Danrem 041/Gamas Brigjend TNI Rachmad Zulkarnain juga berpesan, untuk  memelihara semangat kebersamaan dan kemanunggalan dan hasil kegiatan TMMD dengan sebaik-baiknya. agar manfaatnya dalam kurun waktu yang lama.

Di akhir sambutannya Danrem menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Desa Lubuk Talang apabila selama pelaksanaan TMMD di wilayah itu, terdapat kesalahan prajuritnya kepada masyarakat.

“Mewakili seluruh prajurit dan seluruh anggota Satgas TMMD Ke-119, saya mohon maaf apabila selama pelaksanaan TMMD ada tingkah laku dan tindakan yang kurang berkenan di hati masyarakat” tutup Danrem 041/Gamas Brigjend TNI Rachmad Zulkarnain.

Dalam kegiatan itu, juga dilakukan pembacaan Laporan Hasil Pelaksanaan TMMD REG ke-119 Tahun 2024, yang dilanjutkan dengan  penanggalan Tanda Peserta dan Pengembalian Alat Kerja TMMD ke 119, Penandatanganan Naskah Serah Terima dan  Penyerahan Hasil TMMD ke 119 Tahun 2024 kepada Pemerintah Kabupaten Mukomuko, dan pembagian paket sembako ke masyarakat.

Terakhir Danrem 041/Gamas Brigjend TNI Rachmad Zulkarnain dan rombongan melakukan pengecekan pembangunan peningkatan/pengoralan jalan, rehab Rumah Tidak Layak Huni, pembuatan sumur yang berlokasi di kantor Desa Lubuk Talang.

Upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa di Lubik Talang dihadiri, Kasi Teritorial Korem 041/Gamas Beserta Istri, Kasi Ops Korem 041/Gamas beserta Istri, Wakil Bupati Mukomuko, Ketua Persit KCK Koorcab Cabang Korem 041/Gamas beserta rombongan.

Dandim 0428/MM, Ketua Persit KCK Cabang LII Dim 0428/MM dan jajaran, Kasi Intel Kejari Mukomuko, Sekdakab Mukomuko, Dinas PUPR. Camat Malin Deman dan Ipuh, Danramil 428-02/Ipuh, Kapolsek Ipuh,  Para Pasi Kodim 0428/MM, Dansubdenpom  Mukomuko, Dan Pos AL  Mukomuko.

Serta Forum Kades Kecamatan Malin Deman dan Ipuh, para Perwira, Bintara dan Tamtama Kodim 0428/MM, serta masyarakat setempat.

Untuk diketahui, kegiatan Fisik (Pokok) TMMD ke 119 Kodim/MM meliputi, Pengerasan/pengoralan Jalan Panjang 1.740 meter, dengan hasil 100%. Pembuatan Gorong-gorong dengan hasil 100%.

Dan Kegiatan Fisik (Tambahan) yakni, Hanpangan penanaman Jagung 5 hektar, dengan hasil 100%.

Rehab RTLH 1 unit, dengan hasil 100%.  Penanaman pohon 500 bibit, dengan hasil  100 % (Penggalian lubang tanah).

Manunggal Air Bersih 1 unit, dengan hasil 100%. Perbaikan Masjid 1 unit, dengan hasil 100%. Perbaikan M.C.K 1 unit, dengan hasil 100%.

Kegiatan Non Fisik yang 100% terlaksana  Penyuluhan Kamtibmas,  Bahaya Narkoba, Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, Hukum, Ketahanan Pangan, Stunting, Pelayanan KB Kes, Pelayanan Posyandu, Pelayanan Posbindu PTM, dan Pemutaran Film Perjuangan.

Pelaksana TMMD di Lubuk Talang melibatkan personil  TNI AD: 115,  TNI AL:  10, Polri: 10, Pemda: 15, dan unsur masyarakat 50 orang.

Editor: Khairul Ramadan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here