Dana Inpres dan DAU Kab. Mukomuko Th 2024 Diprioritaskan Untuk Kecamatan Air Rami

0
146
Bupati Sapuan menyampaikan Dana Inpres (Instruksi Presiden) dan DAU (Dana Alokasi Umum) Mukomuko Propinsi Bengkulu tahun 2024, diprioritaskan masuk ke Kecamatan Air Rami. 03/12/2023.
Hal tersebut disampaikan Bupati Sapuan dalam kegiatan Ngopi Bareng dengan Sesepuh, Tokoh Masyarakat, Para Kepala Desa, BPD se-Kecamatan Air Rami di Desa Arga Jaya pada hari Senin 02/12/2023.
“Dana Inpres se-Propinsi Bengkulu Kabupaten Mukomuko terbesar, karena hanya dua tahun, kami meyakinkan pusat agar dapat kembali, dan mudah-mudahan dana inpres khusus untuk jalan tahun 2024, yang nomor satu kami masukan Kecamatan Air Rami untuk SP1 sampai SP6”, kata Sapuan
 “Dan DAU  (Dana Alokasi Umum) tahun 2024 kami pastikan masuk ke Kecamatan Air Rami”, ucapnya lagi.
Bupati  Sapuan melanjutkan, di tahun 2023 Kabupaten Mukomuko menerima Dana Inpres pembangunan ruas jalan di Kecamatan Malin Deman, Kota Mukomuko, Teras Terunjam dan Penarik.
“Dana Inpres pembangunan jalan 18kilometer di Kecamatan Malin Deman, di Kecamatan Penarik 8Km, dan ruas Jalan Provinsi Tanah Rekah Kec. Kota Mukomuko menuju SP4 Setia Budi dan Terutung Kec. Teras Terunjam sepanjang 17Km”, ungkap Sapuan.
Selanjutnya Bupati Sapuan memaparkan pembangunan di bidang pendidikan, ada program seragam siswa sekolah gratis dan renovasi sekolah. Di bidang kesehatan pembangunan rumah sakit dan di bidang pertanian.
“Belasan ribu seragam sekolah gratis telah kita bagikan dan ini kesepakatan dengan DPRD, khususnya anak -anak kita di SD dan SMP,  Insya Allah tahun depan untuk Siswa MI dan MTsN. Semua sekolah negeri  akan kita tuntaskan”,  beber Sapuan.
Di bidang pertanian beliau juga mengatakan persawahan paling luas di Kecamatan Lubuk Pinang, Air Manjunto, IV Koto dan Selagan Raya, karena ada bendungan Air Manjunto.
“Selama ini kita belum pernah mendapat program DAK besar dari Kementerian pertanian, tahun depan Kabupaten Mukomuko mendapat anggaran mencapai Rp.20M” kata Bupati Sapuan
DI bidang pertanian selama ini,  belum pernah dapat program DAK besar dari kementerian pertanian,  namun tahun depan dapat anggaran yang cukup super besar mencapai hampir 20 milliar.
“Kenapa bisa dapat, karena mengajak Pak Menteri ke Bengkulu, saya dampingi langsung dari Jakarta. Kita buktikan bahwa Mukomuko butuh di sektor pertanian. Makanya program kementerian pada tahun depan, Insya Allah kya dapat cukup besar. Hal itu dapat diraih karena adanya silaturahmi ke pusat.” pungkas Sapuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here