Beranda KESEHATAN Sikat Gigi Setelah Makan, Jangan Dilakukan

Sikat Gigi Setelah Makan, Jangan Dilakukan

0
168
Sikat Gigi
Sikat gigi setelah makan sebenarnya boleh saja dilakukan. Namun, sebaiknya jangan langsung dilakukan, tunggu dulu setidaknya 30–60 menit. Apalagi kalau kamu baru saja mengonsumsi makanan atau minuman yang asam, seperti permen, roti, jus jeruk, kopi, atau minuman bersoda.

Kebiasaan sikat gigi yang dilakukan segera setelah makan, terutama setelah mengonsumsi makanan yang asam, justru bisa merusak lapisan luar atau enamel gigi. Ini karena saat mengonsumsi makanan dan minuman manis atau asam, enamel gigi jadi melunak.

Nah, butuh sekitar 30 menit bagi enamel untuk mengeras kembali, sehingga siap melindungi gigi. Kalau kamu langsung sikat gigi setelah menyantap makanan dan minuman tersebut, enamel justru ikut rontok bersama kotoran di gigi.

Daripada langsung sikat gigi setelah makan, kamu sebaiknya minum air putih dalam jumlah yang cukup atau berkumur dengan air dulu.

Air mengandung fluoride, yaitu mineral yang akan membantu proses pengerasan enamel gigi. Setelah 30–60 menit, barulah kamu boleh menyikat gigi. Dengan begitu, enamel gigi tetap aman.

Sekarang, kamu sudah tahu nih tentang pentingnya jeda untuk sikat gigi setelah makan. Agar kesehatan gigi tetap terjaga, kamu juga bisa menerapkan, sikat gigi selama minimal 2 menit, 2 kali sehari. Bersihkan gigi dengan benang gigi sekali dalam sehari.

Dan Gunakan sikat gigi yang lembut dan sikatlah dengan cara yang benar. Berkumur dengan obat kumur yang mengandung fluoride. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari. Kurangi makan makanan dan minum minuman manis. Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin. Jangan merokok.

Jangan lupa juga untuk rutin mengganti sikat gigi setiap 3–4 bulan atau saat bulunya mulai terlihat bengkok atau patah.

Jika setelah melakukan tips menjaga kesehatan gigi di atas, kamu mengalami sakit gigi atau keluhan gigi dan mulut lainnya. Periksakan diri ke dokter kembali untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sikat gigi sebaiknya dilakukan minimal 2 kali sehari, yaitu setelah bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Hal ini bertujuan agar gigi bersih dari sisa makanan yang bisa memicu terbentuknya plak.

Plak yang menumpuk dapat merusak gigi, memicu sakit gigi, membuat gigi berlubang, bahkan menyebabkan gigi tanggal di kemudian hari.

Namun, sebagian orang mungkin lebih nyaman untuk sikat gigi setelah makan. Padahal, jika dilakukan pada waktu yang tidak tepat, kebiasaan ini ternyata bisa memicu terjadinya kerusakan gigi. diktutip dari alodokter.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here